Wednesday, October 24, 2012

Si Mini yang Dinanti

    SETELAH diprediksi puluhan situs teknologi dan media cetak, akhirnya Apple mengumumkan kehadiran iPad Mini. Produk anyar Apple ini memiliki layar 7,9 inci dengan resolusi 1280x720 piksel (tingkat kerapatan layar 163 pixel per inci).
    Tablet versi mini ini juga lebih ringan dengan bobot hanya 308 gram. Meskipun ringan, ternyata bodinya tidak terbuat dari plastik. iPad Mini menggunakan bahan aluminium dan kaca yang mirip seperti di iPhone 5. Konektor 30-pin yang lama hilang, dan sebagai gantinya digunakan konektor Lightning yang baru seperti iPhone 5.
    Beberapa hal lain yang diwarisi dari iPad versi besar antara lain adalah daya tahan baterai yang mencapai 10 jam, prosesor A5 seperti di iPad 2, kamera utama (di belakang) 5 Megapixel seperti di New iPad, serta kamera FaceTime HD 720p untuk video call yang dapat merekam foto 1,2 megapixel.
    Sama seperti iPad sebelumnya, iPad Mini juga memiliki Smart Covers yang telah disesuaikan ukurannya dengan pilihan warna pink, hijau, biru, abu-abu, abu-abu gelap dan merah seharga 39 Dolar AS.
    Pilihan model yang ada sama seperti iPad sebelumnya, yaitu 16/32/64GB  Wi-Fi dan 16/32/64GB Wi-Fi + Cellular. Harga iPad Mini juga paling murah dalam sepanjang sejarah iPad. Anda dapat memilikinya mulai dari 329 Dolar AS atau sekitar 3 juta rupiah untuk versi 16 GB WiFi dan mulai dari 459 Dolar AS untuk versi 16GB WiFi + Cellular.  Apple rencananya akan membuka masa pre-order untuk iPad Mini pada 26 Oktober mendatang, dengan penjualan resmi pertama akan terjadi pada 2 November, khusus untuk versi Wi-Fi.
    Selain meluncurkan versi Wi-Fi, Apple juga akan merilis iPad Mini dalam versi 4G. Pihak perusahaan menjadwalkan kehadiran versi ini dua pekan setelah versi WiFi beredar di pasaran, dengan Amerika Serikat sebagai target penjualan pertama.
    Banyak yang memperkirakan perang tablet di kelas ini akan berdarah-darah. Lawan langsung iPad Mini adalah Kindle Fire HD, Nexus 7, Microsoft Surface, dan RIM Playbook.  Hadirnya iPad Mini diperkirakan akan mengakhiri kiprah iPad 2. Analis Evercore Partners, Rob Cihra, memprediksi iPad 2 tidak akan diproduksi lagi meski masih laris di pasar. Tentu hal ini dilakukan untuk memberi jalan pada iPad Mini.
    Meski produksi iPad 2 dihentikan, Apple akan tetap menawarkan produk murah dengan beragam pilihan. Misalnya, pilihan warna hitam atau putih, WiFi saja atau Wi-Fi plus 3G, serta kapasitas memori 8, 16, 32, dan 64 GB.
    Selain iPad Mini, Apple juga mengumukan New iPad Generasi 4 dengan Retina Display. Secara umum, tidak ada yang berubah dibandingkan New iPad dengan Retina Display (iPad Generasi 3).     Namun di bagian dalam, terjadi perombakan besar dengan dimasukkannya chip A6X yang diklaim Apple memiliki performa 2x lebih cepat dibandingkan chip A5X. Perubahan lain terletak di konektor yang kini sudah mendukung konektor Lightning. Harganya sama seperti harga New iPad sekarang yaitu mulai dari 499 Dolar As untuk versi 16GB + WiFi dan mulai dari 629 Dolar As untuk versi 16GB Wi-Fi + Cellular. (yho/gbo/tmp/kps)

 ---------------------------------------
Spesifikasi iPad Mini:
* Sistem operasi: iOS6
* Layar: IPS, 7.9 inci, 1024x768 (163 ppi)
* Dimensi: 20x13.5x7.2 cm
* Bobot: 308 gram (WiFi Only)/ 312 gram (WiFi+seluler)
* Kamera: 5 MP (belakang), 1.2 MP (depan)
* Baterai: "16.3 watt hour", masa hidup 10 jam
* Port: Lightning
* Pilihan warna: Hitam dan Putih

Sumber: dirangkum dari yahoo, kompas, tempo
Foto: apple.com

0 komentar

Post a Comment