Thursday, December 6, 2012

BlackBerry 10, Rival Android dan iOS

      TINGGAL menghitung hari, vendor asal Kanada, Research In Motion (RIM) bakal ;menelorkan' sistem operasi teranyar BlackBerry 10. Dijadwalkan pada 30 Januari 2013 mendatang, perusahaan itu akan meluncurkannya.
    Harapan besar ada pada BlackBerry 10, yakni mampu bersaing dengan dua sistem operasi yang tengah populer di dunia, yakni Android dan iOS. RIM pun mengklaim, BlackBerry 10 siap bersaing melawan kompetitor macam Samsung Galaxy S III dan iPhone 5.
    Bahkan Managing Director Asia Tenggara RIM, Hastings Singh, mengklaim, BlackBerry 10 adalah smartphone yang lebih baik dengan kapabilitas dan fitur mengagumkan. Hal ini disampaikannya pada acara BlackBerry Jam Asia 2012 yang digelar di Bangkok, Thailand pekan lalu.
    Sementara ini, sistem operasi terbaru BlackBerry 10 dikemas dalam versi Dev Alpha B. Sebab, hingga kini RIM belum mengungkapkan handset terbaru mereka.   Performa sistem operasi 10 cukup menjanjikan. Meski terhitung simpel, user interface BlackBerry 10 mulai menerapkan sistem geser atau swipe. BlackBerry 10 berencana mengusung layar touchscreen pada handset terbarunya, meski tidak meninggalkan handset qwerty sama sekali.
    Bahkan, pengalaman menggunakan OS 10 natural sekali. Terasa lebih praktis dan enak karena berbasis gesture. Bahkan ada yang berani bilang sistem operasi ini lebih baik dari Android dan setara dengan iOS.   Versi layar sentuh BlackBerry 10 memang sangat inovatif dibandingkan gadget milik kompetitor. RIM membenamkan fitur sehingga keyboard pada layar sentuh dapat memprediksi kata yang biasa dipakai pengguna. Misalnya, jika mengetik huruf Y, kata 'you' akan muncul. Sistem prediksi teks ini pun rencananya dibuat dalam berbagai bahasa selain Inggris.
    Kamera dalam BlackBerry 10 menyajikan fitur pengubah hasil foto. Kadang, saat menjepret foto bersama rekan-rekan, ada saja yang iseng menaruh dua tangan di atas kepala. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghapus kedua tangan itu, selamanya.
    Jagoan lain dari lain BlackBerry 10 seperti dirangkum dari tempo adalah fitur BlackBerry Hub. Pengguna dapat menerima pesan, BBM, teks, mengirim email, maupun memantau situs jejaring sosial dalam satu interface alias multitasking.
    Pengguna juga bisa dengan mudah mengakses kontak dan jadwal pertemuan. Lengkap dengan berbagai informasi, misalnya apa jabatan orang yang Anda ajak rapat.
    Bagi developer, sistem operasi BlackBerry 10 mudah dikembangkan. Cascades untuk pemrogaman lebih mudah dipelajari. Ini sesuai dengan harapan RIM untuk menarik lebih banyak aplikasi agar pengguna yang lari ke Android kembali menggunakan BlackBerry. (*)

Kelebihan BlackBerry 10:
- Performa cukup menjanjikan. Meski terhitung simpel, user interface mulai menerapkan sistem geser atau 
   swipe
- Mengusung layar touchscreen pada handset terbarunya, meski tidak meninggalkan handset qwerty sama 
   sekali
- Terasa lebih praktis dan enak karena berbasis gesture
- Versi layar sentuh BlackBerry 10 sangat inovatif
- Fitur keyboard pada layar sentuh dapat memprediksi kata
- Hasil foto dari kamera bisa diubah
- Dapat menerima pesan, BBM, teks, mengirim email, maupun memantau situs jejaring sosial dalam satu 
   interface alias multitasking
- Mudah mengakses kontak dan jadwal pertemuan
- Developer mudah mengembangkan. Cascades untuk pemrogaman lebih mudah dipelajari

0 komentar

Post a Comment