Wednesday, November 28, 2012

Nokia Here, Memandu dengan Suara

    NOKIA baru saja menghadirkan aplikasi peta digital diberi nama Here, untuk sistem operasi iOS. Layanan peta ini diklaim Nokia punya fitur yang hebat sebagai alternatif Apple Maps.  Vendor asal Finlandia ini dikenal cukup mumpuni soal layanan peta. Terlebih, mereka mempunyai data akurat yang disediakan oleh Navteq. Perusahaan ini diakuisisi Nokia pada  2007 senilai 8,1 miliar Dolar AS. Lantas, apa saja fitur kunci yang dihadirkan Nokia Here?

* Peta offline
    Dengan Nokia Here, pengguna bisa mengunduh bagian tertentu di peta yang bisa digunakan secara offline. Jadi, peta yang sudah diunduh dapat digunakan tanpa memakai koneksi internet.   Peta yang sudah disimpan ini punya fitur yang kurang lebih sama dengan peta online. Meski ada beberapa keterbatasan, misalnya begitu ada peta baru yang disimpan, maka peta yang lama akan tertimpa.

* Collections
    Collections adalah fitur di Nokia Here yang berfungsi sebagai bookmark. Dengan kemampuan ini, pengguna bisa menandai tempat yang pernah didatanginya untuk bisa diakses lagi.  Jika ingin menemukan restoran yang murah dan khawatir akan melupakan di mana lokasi persisnya, Bookmark saja di Collections sehingga tempat itu tersimpan.

* Info Transportasi
    Salah satu kelemahan di Apple Maps adalah tidak ada informasi mengenai transportasi publik. Nah, Nokia Here memiliki informasi tersebut sebagai keunggulannya dibandingkan Apple Maps.  Sama seperti Google Maps, Nokia Here punya informasi cukup lengkap tentang letak transportasi publik. Tentunya cukup membantu para penggunanya.

* Indoor Maps
    Nokia Here tidak hanya menyajikan peta di luar ruang. Bahkan peta indoor pun juga mereka sajikan bagi pengguna, misalnya peta indoor stadion, mall dan bandar udara. Memang, fasilitas peta indoor ini masih terbatas. Baru bisa disajikan di tempat dan wilayah tertentu.

* Pemandu pejalan kaki dengan suara
    Fitur ini baru sebatas bisa digunakan di kota besar di negara- negara tertentu dan ditujukan untuk para pejalan kaki. Seperti apa kemampuannya?  Pejalan kaki cukup mendengarkan panduan suara via headphone untuk berjalan-jalan mengelilingi kota. Informasi melalui suara ini dinilai lebih lengkap dari Apple Maps sehingga pengguna tidak perlu menengok ke layar. (*)


Sumber: dirangkum dari detiknet
Foto: articles.timesofindia.indiatimes.com

0 komentar

Post a Comment