Tuesday, December 25, 2012

2013, Android Makin Digdaya

    JELANG akhir 2012, ada banyak perubahan besar dalam dunia teknologi ponsel. Cara menggunakan ponsel pun telah berubah. Sementara kemampuan kamera dalam ponsel juga mengalami peningkatan luar biasa. Lantas, apa yang bakal terjadi pada 2013? Berikut adalah beberapa prediksi.

* Android Digdaya
    Banyak teknologi baru bermunculan di ajang Consumer Electronics Show Januari 2013. Sony diperkirakan akan meluncurkan smartphone quad-core pertama mereka, yang dikabarkan akan diberi nama Sony C6603 Yuga.
    Samsung Galaxy S4 dikabarkan meluncur satu bulan lebih awal dari pesaingnya (yang diluncurkan pada Maret). Baru sedikit yang diketahui dari ponsel ini kecuali dilengkapi dengan layar HD berukuran 5 inci dengan resolusi 1080p, kamera 12 MP dan prosesor quad-core 2GHz. Ponsel ini diharapkan akan menjadi perangkat ponsel terbesar di 2013.

* Layar Lebih Besar
    Pada 2012 para produsen menampilkan perangkat dengan layar yang lebih besar. Samsung Galaxy S3 memiliki layar berukuran 4,8 inci dan HTC One X 4,7 inci dan menurut kabar yang beredar, pada tahun depan kita akan melihat banyak perangkat dengan layar 5 inci.

* BlackBerry Tampil Kembali
    Produsen BlackBerry, RIM mengatakan mereka akan meluncurkan ponsel BlackBerry 10 pada kuartal pertama 2013, diperkirakan antara Januari dan Maret. Jika RIM merilis ponselnya ke pasaran lebih awal untuk menghindari beralihnya para konsumen ke iOS atau Android, saham mereka bisa saja naik lagi. Namun jika masih terus ditunda? Bisa berakibat fatal.
    Ponsel dengan fitur game multiplayer akan menjadi lebih populer. Ini didasarkan pada game ponsel berbasis teknologi 3D seperti N.O.V.A 3 dan Shadowgun, perbedaan kualitas antara game ponsel dan konsol semakin tipis seiring dengan meningkatnya kemampuan perangkat grafis dan prosesor dalam smartphone dan tablet pada tahun depan.
    Pada tahun depan smartphone akan tampil di luar dugaan kita tentang definisi mobile gamer (pengguna game ponsel/tablet). Apalagi perkembangan teknologi 4G di seluruh negeri, infrastrukstur provider 4G yang ada dalam ponsel dan game multiplayer dengan kualitas konsol berpotensi menyebabkan kerugian terhadap PlayStastion dan Xbox.
    Akan lebih sering menjelajah internet daripada SMS-an. Cara menggunakan ponsel kita telah berubah. Smartphone menjadi lebih murah dari sebelumnya, sementara tarif akses data menjadi lebih murah. Jadi ongkos menjelajah internet akan jauh lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya.
    Tahun depan popularitas layanan pesan yang menggunakan WiFi atau data, akan meredupkan pesan SMS yang sudah kuno.Para pengguna iPhone baru-baru ini memiliki akses ke iMesssage yang menggunakan WiFi untuk berkirim pesan, seperti halnya aplikasi WhatsApp Messenger, Skype, dan Facebook Chat.
    Orang-orang akan menggunakan layanan gratis tersebut untuk berkirim pesan dan berkomunikasi, daripada harus mengirim SMS yang kena tarif lagi. (*)

Sumber: dirangkum dari yahoo
Foto: techcrunch.com

0 komentar

Post a Comment