Tuesday, December 18, 2012

Sony C660X Yuga, Si Jagoan dari Jepang

    SAMSUNG, LG bahkan vendor asal Cina seperti Oppo sudah memiliki ponsel andal dengan spesifikasi super. Salah satu faktor kesuperan adalah menggunakan prosesor quad core.  Ada beberapa andalan Samsung seperti Galaxy S3, Galaxy Note 2. Adapun LG mengandalkan LG Optimus G dan Oppo dari Cina baru saja merilis Oppo Find 5 dengan layar 5 inci Full HD.
    Vendor asal Jepang, Sony malah belum terlihat memiliki smartphone super yang bisa bersaing dengan pemain-pemain di pasaran yang makin super saja.  Ternyata, diam-diam Sony menyiapkan gadget tandingan yakni Sony C660X Yuga yang bakal dijadikan andalan baru untuk bersaing dengan iPhone 5 maupun Galaxy S3.
    Menurut poster di forum IT168, Sony C660X Yuga bakal menggunakan chipset Quad core Samsung Exynos 5 dengan RAM 3 GB dan kamera 16 MP.   Tak kalah heboh, layarnya pun bakal berukuran 5 inci tipe OLED dengan resolusi Full HD. Bicara kapasitas penyimpanan, Sony Yuga rumornya bakal menyediakan 128 GB. Jika informas itu benar, Yuga bakal mengalahkan semua pesaing di pasaran.    
    Selain itu, ponsel ini dilengkapi baterai 3000 mAh dengan tambahan sisi super dari ketahanan akan air maupun debu. Bahkan, hal unik dari ponsel ini ada port Infra Red. Memang rumor yang beredar menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S4 juga akan menggunakan prosesor Exynos 5 yang sama, bahkan layarnya pun kemungkinan 5 inci Full HD. Tapi, paling tidak SOny C660X Yuga bisa jadi alternatif pilihan untuk ponsel super.
    Hasil benchmark dari Nenamark2 menunjukkan Sony C660X 'Yuga' memiliki resolusi layar 1080p (1920 x 1080 piksel). Skor benchmark, yang kemudian telah dihapus dari database Nenamark2, poin pada resolusi 1794 x 1080 piksel. Sebanyak 128 piksel yang tersisa kemungkinan digunakan untuk tombol on-screen pada Android.
    Tidak ada informasi mengenai ukuran fisik dari layar full HD. Mengingat jumlah piksel yang terlibat, sangat tidak mungkin jika ukuran layar di bawah 5 inci. Sebuah pengumuman terbaru dari Japan Display Inc. tentang dimulainya produksi massal layar berukuran 5 inci TFT-LCD modul layar IPS dengan reolusi 1080 x 1920 piksel serta kerapatan 443ppi. Jadi bukan tidak mungkin jika Sony C660X 'Yuga' menggunakan layar yang dibuat oleh Japan Display Inc.
    Diduga Sony akan menggunakan prosesor yang sama dengan LG Optimus G yakni prosesor keluaran Qualcomm Snapdragon S4 Pro Quadcore 1.5 GHz. Prosesor termutakhir ini akan dilengkap dengan adreno 320. Perkiraan, Sony akan mengumumkan smartphone andalannya di CES dan MWC 2013. (*)

Ringkasan Spesifikasi Sony Yuga:
- Samsung Exynos 5 Quad
- RAM 3 GB
- Layar minimal 5 inci OLED display Full HD
- 128 GB ROM
- 16 Megapixel
- 3000 mAh baterai
- Water/Dust resistant
- IR blaster
-------------------------------------
Sumber: dirangkum dari berbagai sumber
Foto: mobileab.com

0 komentar

Post a Comment